Sunday, February 6, 2011

APAKAH HANDPHONE MENGGAGU NAVIGASI PESAWAT

Apakah handphone mengganggu navigasi pesawat ? Pertanyaan yang susah suah untuk dijawab, apabila kita ditanya ataupun bertanya sama orang lain. Lha wong selama ini hanya "IDEM" aja alias ngikut instruksi sang pramugari aja bahwa setiap penumpang diminta untuk mematikan semua perangkat elektronik yang memancarkan sinyal, seperti telepon selular. Alasannya, perangkat elektronik portabel alias handphone mengganggu navigasi pesawat atau dengan bahasa yang lebih enak handphone berpotensi menimbulkan gangguan elektromagnetik pada navigasi pesawat.

Informasi yang goceng blog dapatkan melalui tempointeraktif.com menyebutkan, hingga kini masih belum jelas apakah ada bukti apakah interferensi elektromagnetik itu bisa mengacaukan navigasi pesawat. Dan lebih lanjut mari kita telusuri sejarah pelarangan penggunaan handphone di dalam pesawat.

Adalah Federal Communications Commission (FCC) dan Federal Aviation Administration (FAA) yang pertama kali menerapkan aturan untuk mematikan segala perangkat yang memancarkan sinyal ketika pesawat sedang terbang di angkasa. Kebijakan itu lahir pada awal 1990-an dan tanpa disertai bukti ada gadget yang pernah mengakibatkan kecelakaan pesawat.

Pada 2006, FAA memutuskan untuk melakukan studi guna meninjau kembali apakah benar perangkat elektronik sebenarnya mengganggu sistem komputer pesawat. Hasilnya, tidak ada yang berhasil membuktikan asumsi tersebut.

Lantaran tak ada bukti nyata bahwa ponsel mengganggu penerbangan, Inflight Passenger Communications Coalition (IPCC) membolehkan penggunaan ponsel pada 139 penerbangan yang dilakukan ke berbagai negara. Dari situ tercatat lebih dari tujuh juta panggilan dilakukan penumpang di dalam pesawat. Tapi tidak ada laporan sistem navigasi kacau dan pesawat yang bertabrakan. Semua baik-baik saja.

Cuma segini doang nich, ada yang bisa menambahkan Apakah handphone mengganggu navigasi pesawat ? silahkan komentar ya.. atau kalau tidak baca juga Kenapa Ban Pesawat Kecil ?  

No comments:

Post a Comment